Bangunan Masa Depan

Posted: Oktober 6, 2010 in Teknik Sipil

Untuk masa depan bisa sangat diprediksi manusia sangat membutuhkan ruang dan energi yang lebih besar. Bagimana tidak, dalam kurun waktu 10 tahun saja, pertumbuhan jumlah populasi manusia sudah berlipat hampir mendekati satu persen. Ini artinya dengan jumlah lahan yang terbatas, pembangunan akan semakin ke atas atau membangun alternatif seperti di lautan.

Satu hal rancangan yang sudah digambar oleh para aperancang arsitektur modern adalah bentuk bangunan masa depan. Diyakini model-model yang dihadirkan akan sangat berbeda dan fsilitas yang disediakannya pun lebih lengkap dan berteknologi tinggi.

Bangunan tidak ahnya didudukkan atau berdiri di sembarang tempat, akan tetapi bangunan dipercaya akan juga hidup seperti manusia. Mereka akan bernafas, tidur, dan bangun di pagi hari. Selain itu juga bangunan lebih tampak indah dan bersahabat.

Pimpinan Perusahaan founder and principal of William McDonough & Partners, William McDonough menggambarkan desain bangunan pada masa depan adalah sangat produktif. Bagian sisi atas akan berkolaborasi dengan matahari untuk menghasilkan energi, terdapat sisi aktif pijakan layaknya di dataran rendah, tanah dan tanaman sudah diusung ke atas, pemanasan dan pendinginan serta sistem sirkualasi pembuangan yang efisien.

“Meski di lantai 42 Anda nantinya akan tidak dapat membedakan memijak daratan atau lantai bangunan,” kata William. Faktor yang membedakan hanyalah ketinggian.

Para arsitek memutuskan bahwa dalam satu dekade ke depan, pembangunan bangunan seperti yang dimaksudkan sudah mulai dirancang. Kemungkinanya untuk mendirikan gedung pencakar langit dengan luas lantai yang lebih banyak dibanding tempat gedung tersebut didirikan sudah sangat diperlukan.

Bangunan diyakini akan mengkonsumsi hingga 40 persen dari total jumlah energi yang diperlukan oleh manusia. Hal ini dilakukan untuk membuat umur bangunan tersebut lebih lama dan lebih nyaman. ”Karena kita hidup dan bekerja, suasana yang menyenangkan dan keharmonisan alam yang ada harus dikembalikan untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya.

Struktur bangunan yang dimaksud adalah bangunan yang benar-benar hidup. Artinya meski mengkonsumsi hampir setengah dari energi yang dibuat oleh manusia, akan tetapi mereka juga membantu untuk menciptakan oksigen, bagaimana membuat air yang bersih, mengalirkan energi dan bagimana menumbuhkan pepohonan yang sangat membantu menyejukkan lingkungan dan menyegarkan pemandangan. Semua hal tersebut tidak akan pernah terbayarkan dibandingkan memasang teknologi tinggi dan merusak lingkungan.

dikutip dari : http://agusdd.wordpress.com/2007/08/16/bangunan-masa-depan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s